Halaman

Senin, 09 April 2018

TIPOLOGI PERPUSTAKAAN











PENJELASAN

1.      Perpustakaan Internasional.
Dikatakan sebagai perpustakaan Internasional jika:
a.       Didirikan oleh dua negara atau lebih yang terikat dalam suatu organisasi
b.      Digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya akan informasi
c.       Mempermudah suatu negara untuk menemukan informasi.
2.      Perpustakaan Nasional
Dikatakan sebagai perpustakaan Nasional  jika perpustakaan tersebut didirikan oleh suatu negara dan menjadi perpustakaan pusat dalam suatu negara, serta menyimpan koleksi yang berhubungan dengan negara tersebut.
3.      Perpustakaan Umum & Keliling
Dikatakan perpustakaan umum & keliling yaitu jika dana dari pengelolaan perpustakaan tersebut berasal dari dana umum dan di gunakan untuk umum. Perpustakaan keliling merupakan bagian dari perpustakaan umum yang bentuk perpustakaannya bisa keliling langsung ke masyarakat, biasaanya berupa mobil perpustakaan.
4.      Perpustakaan Swasta atau Pribadi
Dikatakan sebagai perpustakaan swasta atau pribadi yaitu jika dana dari perpustakaan tersebut berasal dari dana pribadi. Koleksi buku-bukunyapun sesuai dengan minat dan kehendak pribadi.
5.      Perpustakaan Khusus
Dikatakan sebagai perpustakaan khusus apabila di kelola ataupun didirikan oleh departemen secara khusus. Koleksinya hanya sebatas masyarakat khusus dan tidak berlaku umum.
6.      Perpustakaan Sekolah
Dikatakan perpustakaan sekolah jika didirikan oleh sekolah itu sendiri. Koleksinya mencangkup kebutuhan pendidikan sesuai dengan tingkatan sekolahnya. (SD, SMP dan SMA/ Sederajat).
7.      Perpustakaan Perguruan Tinggi.
Dikatakan perpustakaan perguruan tinggi jika didirikan oleh perguruan tinggi itu sendiri dan koleksi di dalamnya sesuai dengan kebutuhan pendidikan di perguruan tinggi. Hanya melayani mahasiswa dari perguruan tinggi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar